BKGN 2024 Kembali Hadir di Medan, Didukung Layanan Konsultasi Dokter Gigi Online “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” Berteknologi AI

Foto (Kiri-kanan): drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc selaku Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia, Prof. Dr. dr. H. Gusbakti Rusip, M.Sc., Sp.KKLP (K)., PKK., AIFM., AIFO-K selaku Dekan FKKGIK UNPRI, dan drg. Cindy Denhara W, M.Biomed selaku Wakil Direktur Pelayanan RSGM Prima. (Humas Unilever for Sumutpost.id)

MEDAN, Sumutpost.id – Unilever Indonesia melalui Pepsodent bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), dan Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) kembali menyelenggarakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2024 di Kota Medan.

BKGN 2024 digelar di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Prima – PSPDG FKKGIK Universitas Prima Indonesia tanggal 7 – 9 November 2024 dengan mengangkat tema “Berani Unjuk Gigi, Dukung Senyum Indonesia Lebih Kuat”.

Program ini kembali memberikan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis disertai layanan konsultasi gigi online “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” yang kini dilengkapi dengan teknologi Pepsodent AI Denta-Scan.

Selain itu, di BKGN 2024 Pepsodent juga mengumumkan dukungannya selaku Official Oral Care Partner Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.

drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia menyatakan, selama lebih dari 90 tahun, Pepsodent terus berkomitmen meningkatkan kesehatan gigi dan mulut melalui edukasi serta pemberian perawatan untuk melindungi senyum sehat Indonesia.

“Sebagai bagian dari komitmen ini, sejak 2010 kami menyelenggarakan BKGN yang kini telah memasuki tahun ke-15. Setiap tahunnya, BKGN memberikan layanan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis di seluruh FKG dan RSGMP di Indonesia disertai rangkaian edukasi ke sekolah, yang hingga 2023 telah memberi manfaat ke lebih dari 1,1 juta masyarakat,” ujar drg. Ratu Mirah Afifah.

“Kami bersyukur bahwa perjalanan panjang BKGN telah berkontribusi mendorong masyarakat menyikat gigi di waktu yang tepat – setelah makan dan sebelum tidur, serta meningkatkan kesadaran untuk rutin berkonsultasi ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. Pencapaian ini menjadi landasan kuat untuk memberikan dampak yang lebih luas; mengajak seluruh masyarakat berani unjuk gigi dengan senyum Indonesia yang lebih kuat,” lanjut drg. Mirah.

Misalnya di daerah Sumatera Utara, seiring pelaksanaan BKGN, jumlah masyarakat yang menyikat gigi di waktu yang tepat telah meningkat hampir dua kali lipat, yaitu dari 1,6% (Riset Kesehatan Dasar/Riskesdas 2018) menjadi 2,9% (Survei Kesehatan Indonesia/SKI 2023). Perubahan kebiasaan ini antara lain telah berhasil menurunkan jumlah penderita gigi berlubang di Sumatera Utara, yaitu dari 43,1% (Riskesdas 2018) menjadi 39,9% (SKI 2023).

Sementara itu, Dr. drg. Florenly, MHSM., M.P.H selaku Direktur RSGM Prima mengatakan, Riskesdas pada tahun 2018 melaporkan 95,9% bahwa masyarakat Sumatera Utara tidak berkonsultasi ke dokter gigi selama 1 tahun, maka angka di SKI 2023 belum menunjukkan perubahan yang signifikan, yaitu berkurang hanya sebesar 0,3%.

Artinya, masih dibutuhkan edukasi yang berkelanjutan disertai layanan kesehatan gigi yang lebih merata, seperti yang setiap tahunnya dilakukan melalui BKGN.

Sejak 2020, BKGN turut menyediakan layanan konsultasi gigi online “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” yang mudah diakses melalui QR code di kemasan pasta gigi Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang. Didukung keahlian ribuan dokter gigi dari PDGI, AFDOKGI dan ARSGMPI, lebih dari 140.000 masyarakat telah menggunakan layanan ini.

drg. Mirah menerangkan, guna memberikan pengalaman dan manfaat yang lebih maksimal, di BKGN 2024 Pepsodent semakin melengkapi layanan ini dengan teknologi Pepsodent AI Denta-Scan.

Acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2024 ini makin semarak, dengan kehadiran Hamish Daud yang menyapa nama pengguna secara virtual. Diilanjutkan ke screening awal kesehatan gigi dan mulut yang diproses dan dihasilkan melalui teknologi AI. Berbekal hasil screening ini, pengguna akan diarahkan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi yang tersedia via chat maupun video call.

Terlebih lagi, saat ini Indonesia adalah negara dengan pengguna AI tertinggi ketiga di dunia, sehingga Pepsodent semakin yakin bahwa inovasi ini akan semakin membawa excitement tersendiri bagi masyarakat sekaligus menghilangkan stigma bahwa berkonsultasi ke dokter gigi adalah hal yang menakutkan.

Tidak hanya bagi penggunanya, layanan berbasis AI ini juga berguna bagi para dokter gigi.

Prof. Dr. dr. H. Gusbakti Rusip, M.Sc., Sp.KKLP (K)., PKK., AIFM., AIFO-K selaku Dekan PSPDG FKKGIK Universitas Prima menuturkan, layanan konsultasi online berbasis AI sangat bermanfaat di bidang kedokteran gigi karena mampu menjadi perangkat edukasi kesehatan gigi dan mulut, berfungsi sebagai tahap screening, hingga menghasilkan rujukan untuk perawatan ke fasilitas kesehatan.

Oleh karena itu, untuk kegiatan promotif preventif dengan jangkauan yang masif seperti BKGN 2024, layanan yang dilengkapi teknologi Pepsodent AI Denta-Scan menjadi sangat strategis dilakukan dan dapat mendorong masyarakat untuk lebih rutin berkonsultasi ke dokter gigi.”

Dr. drg. Florenly menambahkan, konsultasi gigi online menggunakan teknologi Pepsodent AI Denta-Scan adalah langkah awal. Diperlukan akses agar masyarakat dapat menindaklanjuti permasalahan gigi dan mulut mereka ke dokter gigi secara langsung – seperti yang hari ini tersedia di BKGN 2024.

Dengan target menjangkau hampir 1.000 pasien, RSGM Prima – PSPDG FKKGIK Universitas Prima Indonesia siap memberikan layanan lanjutan secara gratis dengan fasilitas yang sangat memadai dan terakreditasi secara nasional – meliputi pencabutan tanpa komplikasi, pembersihan karang gigi atau scaling, dan perawatan pencegahan gigi berlubang dengan aplikasi fluoride.

Selain itu, didukung 70 PDGI Cabang, BKGN 2024 juga akan memberikan edukasi, pemeriksaan dan perawatan gigi gratis melalui Program Sekolah – termasuk bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi, para siswa Sekolah Sepak Bola, dan anak yatim/piatu di berbagai penjuru Indonesia.

BKGN 2024 Pepsodent Official Oral Care Partner Dukung Senyum Sehat Timnas Sepak Bola Indonesia

Tak kalah istimewa, di BKGN 2024 Pepsodent sebagai merek pasta gigi yang 100% buatan Indonesia turut mengumumkan kolaborasinya sebagai Official Oral Care Partner Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.

Faktanya, kondisi kesehatan gigi dapat sangat mempengaruhi kenyamanan, rasa percaya diri, dan performa atlet sepak bola. Studi terhadap 187 pemain sepak bola profesional di Inggris menemukan bahwa 37% pemain memiliki karies gigi aktif, 53% mengalami erosi gigi, dan 5% menderita penyakit periodontal yang tidak dapat disembuhkan.

Akibatnya, 45% merasa terganggu dengan kondisi ini, dan 27% melaporkan dampak negatif terhadap kualitas hidup ataupun performa di lapangan.

Sebagai langkah pencegahan, studi ini juga mengungkapkan pentingnya pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara rutin bagi para pemain sepak bola.

drg. Mirah menjelaskan, di tengah perjuangan para pemain Timnas membela Indonesia, mereka tentu harus memiliki kondisi tubuh yang prima, khususnya dalam hal kesehatan gigi dan mulut. Sebagai salah satu bentuk dukungan, layanan konsultasi gigi online dengan teknologi Pepsodent AI Denta-Scan dapat membantu kesehatan gigi para pemain Timnas.

“Dimana mereka bisa lebih memahami kondisi gigi dan mulutnya serta memperoleh screening awal yang dapat dilanjutkan dengan kunjungan ke Rumah Sakit Gigi Mulut Pendidikan terdekat. Diharapkan, mereka dapat memberikan performa terbaik di lapangan dan melukis senyum Indonesia di kancah dunia dengan gigi 10x lebih kuat,” ujarnya.

Sebagai penutup, drg. Mirah menyampaikan, secara keseluruhan, BKGN 2024 memiliki target menjangkau 29.000 masyarakat. “Kami mengajak masyarakat Medan dan sekitarnya untuk memanfaatkan BKGN 2024 sebagai langkah awal untuk rutin berkonsultasi ke dokter gigi. Semoga seluruh rangkaian fasilitas dan layanan yang kami persembahkan dapat membantu masyarakat memiliki gigi dan mulut yang lebih sehat sehingga kita semua bisa berani unjuk gigi untuk senyum Indonesia yang lebih kuat,” ujarnya mengakhiri.

Tentang Unilever

Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Beauty & Wellbeing, Personal Care, Home Care, Nutrition dan Ice Cream yang produknya digunakan oleh 3.4 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara. Kami memiliki 128.000 karyawan dan menghasilkan penjualan sebesar €59,6 miliar pada tahun 2023.

Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4,000 karyawan dan delapan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.

Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led) dan mampu bersaing dimasa depan (future-fit).
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Unilever dan brand nya silahkan kunjungi www.unilever.co.id dan aset sosial media kami, Twitter dan Instagram @UnileverIDN, Facebook Unilever ID dan Youtube Unilever Indonesia. (msp)